Rabu, 18 Desember 2013

DKD Kabupaten Batang Gelar Pameran Seni Rupa Nasional

Batang Arttention

Seni rupa Kabupaten Batang khususnya lukis rupanya telah mendunia. Banyak yang tertarik dengan perkembangan seni lukis di Kabupaten Batang. Jika dilihat dari sejarah dan latar belakangnya, Batang tak memiliki keterkaitan dengan seni, baik sejarah budaya dan sekolah seni. Namun seni ini sendiri berkembang dan memiliki ciri tersendiri yang begitu kuat. Masyarakat Batang sendiri belum semuanya mengetahui perkembangan seni di daerahnya sendiri, di sisi lain masyarakat luas yang mengetahui seni rupa Batang juga masih banyak yang tidak paham letak Kabupaten Batang.

Kali ini Dewan Kesenian Daerah menggelar pameran seni rupa tingkat Nasional dengan rincian berikut :
Nama Kegiatan : Batang A[r]tention
Tema : Positively Energy
Waktu : 27 Desember 2013 - 1 Januari 2014
Tempat : Gedung Wanita
Kurator : M. Rahman Athian
Peserta :
Undangan Jogja : Dzawawi Imron, Nasirun, Budi Ubrux, Rina Kurniyati, Felix S. Wanto, Joko Mulyono, TJ. Yuwono, Joko S. Gundul, Bidiyanto Trisno, Lulus Santoso, Sentot Widodo, Ugy Sugiharto, Enggar Yuwono.
Undangan Bandung : Muhammad Zico Albaiquni, Patriot Mukmin (Majong), Tromarama, Michael Binuko (Koko Koxis Verseken).
Selektif : Bagus A Rifa'i (Jogja), Bayhaqi Januar (Solo), Bhisonica, Hari Panjang, Jihan Narantaka, M Arifin Jombor, Mukaror, Karyono (Pasuruan), Lisinatra, Al Manaf, Mufti Handayani (Semarang), Prabu Perdana (Bandung), Abdul Rohman Ragil, Resky Yusro, Singgih (Singgat), Supbe Chan, Suci Indyaswati, Susilo Tomo (Pati), Wiwik Setyawati (Jogja), Tri Bakdo S., Bayu Murwoto, Rully WK.

Tidak hanya pameran lukisan saja, akan tetapi DKD bekerjasama dengan Disdikpora juga mengadakan Workshop Melukis Kaca yang akan dipandu oleh Rina Kurniyati dari Jogja. Workshop ini terbuka untuk umum dikenakan biaya Rp. 50.000,-. Pendaftaran paling lambat 23 Desember 2013 melalui fb : Batang Arttention atau via email : rully-wk@yahoo.co.id. Workshop dilaksanakan pada 28 Desember 2013.

Akan ada beberapa perupa nasional yang kabarnya masih dirahasiakan. Jika Anda penasaran jangan lupa sempatkan waktu pada 27 Desember 2013 hingga 1 Januari 2014. Anda akan mengerti alasan dari hadirnya sebuah karya seni dan mengetahui cara pembuatan lukis kaca. 

Ini merupakan energi positif yang ingin dibangkitkan DKD Kabupaten Batang dengan mengangkat seni rupa yang sebenarnya telah berkembang di kalangan masyarakat hanya saja belum disadari keberadaannya. Suatu kegiatan yang Menduniakan Dunia Batang melalui Dunia Seni. [lukman]

Comments
0 Comments